Menelisik Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Usaha Rumah Amuma di Kecamatan Pangarengan)

Penulis

  • Elvin Nury Khirdany Universitas Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang, Indonesia
  • Mahsun Mahsun Universitas Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang, Indonesia
  • Faisol Faisol Universitas Nazhatut Thullab Al-Muafa Sampang, Indonesia

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran Online, Peningkatan Penjualan, Media Online

Abstrak

Strategi  pemasaran  online  merupakan  suatu  proses  yang  memasarkan  produk  atau  jasa dengan  menggunakan  media  digital  dengan  tujuan  menarik  konsumen  secara  cepat  dan mudah. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: a) Untuk mengetahui strategi pemasaran online produk usaha Rumah Amuma, dan b) Untuk mengetahui strategi pemasaran online dalam meningkatkan pembelian produk usaha Rumah Amuma. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sumber data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini di temukan bahwa: a) strategi pemasaran online yang di lakukan oleh Rumah Amuma dengan menggunakan media online yang berupa aplikasi online shop diantaranya shopee, lazada, dan tokopedia, adapun juga menggunakan aplikasi media sosial diantaranya whatsapp, instagram, facebook, dan tiktok, dengan menggunakan   handphone serta akses jaringan internet., dan b) Upaya dalam meningkatkan pembelian konsumen Rumah Amuma menjaga kualitas produknya serta memberikan  informasi  kepada  konsumen  terkait  tentang  manfaat  dan  cara  penyimpanan produk. Rumah Amuma juga memberikan respon secara cepat serta memberikan jawaban singkat dan jelas, dengan tetap menjaga sopan santun dan etika dalam berkomonikasi. Hal ini dapat peningkatkan pendapatan penjualan dan meningkatkan minat pembelian konsumen

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-27

Cara Mengutip

Nury Khirdany, E., Mahsun, M., & Faisol, F. (2024). Menelisik Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Usaha Rumah Amuma di Kecamatan Pangarengan). Journal of Economic and Business, 1(2), 59–72. Diambil dari https://ojsjournal.unt.ac.id/index.php/JOEBIS/article/view/80

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check