Menelisik Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Usaha Rumah Amuma di Kecamatan Pangarengan)
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran Online, Peningkatan Penjualan, Media OnlineAbstrak
Strategi pemasaran online merupakan suatu proses yang memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital dengan tujuan menarik konsumen secara cepat dan mudah. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: a) Untuk mengetahui strategi pemasaran online produk usaha Rumah Amuma, dan b) Untuk mengetahui strategi pemasaran online dalam meningkatkan pembelian produk usaha Rumah Amuma. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan sumber data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini di temukan bahwa: a) strategi pemasaran online yang di lakukan oleh Rumah Amuma dengan menggunakan media online yang berupa aplikasi online shop diantaranya shopee, lazada, dan tokopedia, adapun juga menggunakan aplikasi media sosial diantaranya whatsapp, instagram, facebook, dan tiktok, dengan menggunakan handphone serta akses jaringan internet., dan b) Upaya dalam meningkatkan pembelian konsumen Rumah Amuma menjaga kualitas produknya serta memberikan informasi kepada konsumen terkait tentang manfaat dan cara penyimpanan produk. Rumah Amuma juga memberikan respon secara cepat serta memberikan jawaban singkat dan jelas, dengan tetap menjaga sopan santun dan etika dalam berkomonikasi. Hal ini dapat peningkatkan pendapatan penjualan dan meningkatkan minat pembelian konsumen