Strategi Bersaing Pada Cafe Arion Dengan Menggunakan Analisis Swot
Abstrak
Strategi adalah alat yang sangat penting untuk mencapai tujuan dalam menghadapi persaingan bisnis yang dapat mengantisipasi dampak dari suatu kejadian dan mampu bertindak proaktif atau inovatif untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan bersaing. Kemampuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan bersaing dapat dilakukan antara lain dengan menetapkan stategi bisnis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan Arion Coffee dalam dalam menjalankan usahanya agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data menggunakan analisis SWOT untuk mencari strategi alternatif apa yang tepat digunakan Arion Coffee. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi yang digunakan Arion Coffee dalam menghadapi persaingan bisnis adalah dengan menggunakan strategi kompetitif/Strategi bisnis untuk menciptakan keunggulan bersaing dan menjadi tindakan dinamis untuk memberi respons terhadap kekuatan-kekuatan internal dan eksternal. Pengimplementasian strategi terlaksana dengan baik untuk meningkatkan kualitas cafe dalam mengahdapi persaingan bisnis.
Kata kunci: Strategi Bisnis, Manajeman Strategi, Strategi, Analisis SWOT